Bab I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Komunikasi ada dimana-mana dan terjadi kapan saja,komunikasi menyentuh
segala aspek hidup kita.Dengan komunikasi kita dapat menjalin hubungan
saling pengertian,menyebarkan ilmu pengetahuan,dan melestarikan
peradapan.Tujuan dari pembentukkan makalah ini adalah untuk mengetahui
tahapan-tahapan komunikasi terkhusus komunikasi intrapersonal.
Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang terjadi pada diri komunikan
sendiri,sebelum melakukan komunikasi sosial atau dengan orang lain
seseorang melakukan komunikasi intrapersonal terlebih dahulu.Dengann
demikian kokmunikasi interapersonal ini sangat penting bagi aspek kita
semua dan perlu diperhatikan dengan baik karna merupakan pemicu bentuk
komunikasi lainnya.
Berdasarkan latar belakang diatas penulis tertarik untuk membahas
tahap-tahap dan aspek-aspek yang mempengaruhi komunikasi intrapersonal.
1.2 Rumusan Masalah
1.Bagaimana pengolahan informasi pada komunikasi intrapersonal?
2.Mengapa orang berfikir?
3.Bagaimana tahapan berfikir kreatif?
4.Bagaimana cara memecahkan persoalan (problem solving)?
1.3 Tujuan
1.Untuk mengetahui pengolahan informasi pada komunikasi intrapersonal.
2.Untuk mengetahui mengapa orang berfikir.
3.Untuk mengetahui tahapan berfikir kreatif
4.Untuk mengetahui cara memecahkan persoalan (problem solving).
1.4 Manfaat
Hasil dari makalah ini diharapkan bermanfaat bagi para pembaca,
untuk mengetahi tahap-tahap komunikasi interpersonal dan aspek-aspek yang
mempengaruhinya.
Bab II
Isi
Deskripsi :
Bab ini akan menguraikan bagaimana orang menerima informasi,
mengolahnya,menyimpannya, dan menghasilkannya kembali. Proses pengolahan
informasi, yang disini kita sebut komunikasi intrapersonal, meliputi
sensasi, persepsi, memori, dan berpikir. Sensasi adalah proses menagkap
stimuli. Persepsi ialah proses memberi makna pada sensasi sehingga manusia
memperoleh pengetahuan baru. Dengan kata lain, persepsi mengubah sensasi
menjadi informasi. Memori adalah proses menyimpan informasi dan
memanggilnya kembali. Berpikir adalah mengolah dan memanipulasikan
informasi untuk memenuhi kebutuhan atau memberikan respons.
I. Sensasi
Tahap paling awal dalam penerimaan informasi ialah sensasi. Sensasi berasal
dari kata “sense”, artinya alat penginderaan, yang menghubungkan organism
dalam lingkungannya. “Bila alat-alat indera mengubah informasi munjadi
impuls-impuls saraf – dengan ‘bahasa’ yang difahami oleh (‘komputer’) otak
– maka terjadilah proses sensasi,” kata Dennis Coon (1977:79). “Sensasi
adalah pengalaman elementer yang segera yang tidak memerlukan penguraian
verbal, simbolis, atau konseptual, dan terutama sekali berhubungan dengan
kegiatan alat indera, “ tulis Benyamin B. Wolman (1973:343).
Apa pun definisi sensasi, fungsi alat indera dalam menerima informasi dari
lingkungan sangat penting. Melalui alat indera, manusia dapat memahami
kualitas fisik lingkungannya. Lebih dari itu, melalui alat inderalah
manusia memperoleh pengetahuan dan semua kemampuan untuk beribteraksi
dengan dunianya. Tanpa alat indera manusia sama, bahkan mungkin lebih dari
rumput-rumpuan, karena rumput dapat juga mengindera cahaya dan humiditas
(Lefrancois, 1974:39).
Mungkin benar anggapan filsuf John Locke bahwa “there is nothing in the
mind except what was first in the senses” (tidak ada apa-apa dalam jiwa
kita kecuali harus lebih dulu lewat alat indera). Dan benar juga anggapan
filsuf lain, Berkeley, bahwa andaikan kita tidak mempunyai alat indera,
dunia ini tidak akan ada. Anda tidak tahu ada harum rambut yang baru
disemprot hairspray, bila tidak ada indera pencium. Sentuhan lembut istri
Anda tidak akan disadari, kalau indera peraba Anda sudah mati. Lalu Anda
tidak mendengar ada yang membisikkan ucapan kasih di telinga Anda, tidak
melihat senyum manis yang dialamatkan kepada Anda. Dunia Anda tidak teraba,
terdengar, tercium, terlihat – artinya tidak ada sama sekali.
Sampai di sini, kita hanya membicarakan factor situasional yang
mempengaruhi sensasi. Ketajaman sensasi juga ditentukan oleh factor-faktor
personal. Pada tahun 30-an, beberapa orang peneliti menemukan bahwa
phenylthiocarbomide (ptc) yang terasa pahit bagi sebagian orang tidak pahit
bagi yang lain. “We live in different taste wolds”, kata Blaksley, salah
seorang di antara peneliti tersebut. Sebetulnya, ia bukan hal yang aneh;
banyak orang mengetahui bahwa masakan Padang yang sangat pedas bagi orang
Jawa, ternyata biasa-biasa saja bagi orang Sumatera Barat. Perbedaan
sensasi, dengan begitu, dapat disebabkan oleh perbedaan pengalaman atau
lingkungan budaya, di samping kapasitas alat indera yang berbeda.
Sebagaimana kacamata menunjukkan berbagai ukuran, seperti itu pula alat
indera yang lain (walaupun tidak ada kaca lidah, kaca kulit, atau kaca
kuping).
Perbedaan kapasitas alat indera menyebabkan perbedaan dalam memilih
pekerjaan tau jodoh, mendengarkan music, atau memutar radio. Yang jelas
sekali, sensasi mempengaruhi persepsi.Contoh kasus persepsi: Kasus belajar
· Proses belajar (membaca buku) dari diri manusia diawali dengan
sensasi,yaitu proses menangkap stimulasi dari luar dan dari dalam diri
manusia.Stimulasi dari dalam berupa suasana hati yang gembira (karna
beasiswa sudah cair) dan stimulasi luar berupa buku yang dibaca,dua
stimulasi ini diterima oleh alat penerima dab diubah menjadi energi saraf
untuk disampaikan ke otak.
II. Persepsi
Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan
yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.
Persepsi adalah memberi makna pada stimuli inderawi (sensory stimuli).
Hubungan sensasi dengan persepsi sudah jelas. Sensasi adalah bagian dari
persepsi. Walaupun begitu, menafsirkan makna informasi inderawi tidak hanya
melibatkan sensasi, tetapi juga atensi, ekspektasi, motivasi, dan memori
(Desiderato, 1976:129). Persepsi ditentukan oleh factor personal, factor
situasional, dan perhatian.
II.1 Perhatian (Attention)
“Perhatian adalah proses mental ketika stimuli atau rangkaian stimuli
menjadi menonjol dalam kesdaran pada sat stimuli lainnya melemah”, kata
Kenneth E. Andersen (1972:46). dalam buku yang ditulisnya sebagai pengantar
pada teori komunikasi. Perhatian terjadi bila kita mengkonsentrasikan diri
pada salah satu alat indera kita, dan mengesampingkan masukan-masukan
melalui alat indera yang lain.
Faktor Eksternal Penarik Perhatian.
Apa yang kita perhatikan ditentukan oleh faktor-faktor situasional dan
personal. Faktor situasional terkadang disebut sebagai determinan perhatian
yang bersifat eksternal atau penarik perhatian (attension getter). Stimuli
diperhatikan karena mempunyai sifat-sifat yang menonjol, antara lain:
gerakan, intensitas stimuli, kebaruan, dan perulangan.
Gerakan.
Seperti organisme yang lain, manusia secara visual tertarik pada
objek-objek yang bergerak. Kita senang melihat huruf-huruf dalam display
yang bergerak menampilkan nama barang yang diiklankan. Pada tempat yang
dipenuhi benda-benda mati, kita akan tertarik hanya kepada tikus kecil yang
bergerak.
Intensitas Stimuli.
Kita akan memperhatikan stimuli yang lebih menonjol dari stimuli yang lain.
Warna merah pada latar belakang putih, tubuh jangkung ditengah-tengah orang
pendek, suara keras dimalam sepi, iklan setengah halaman dalam surat kabar,
atau tawaran pedagang yang paling nyaring di pasar malam, sukar lolos dari
perhatian kita.
Kebaruan (Novelty).
Hal-hal yang baru, yang luar biasa, yang berbeda, akan menarik perhatian.
Beberapa eksperimen juga membuktikan stimuli yang luar biasa lebih mudah
dipelajari atau diingat. Karena alasan inilah maka orang mengejar novel
yang baru terbit, film yang baru beredar, atau kendaraan yang memiliki
rancangan mutakhir, (karena itu pula mengapa umumnya istri muda lebih
disenangi dari istri pertama). Pemasang iklan sering memanipulasikan unsur
kebaruan ini dengan menonjolkan yang luar biasa dari barang atau jasa yang
ditawarkannya. Media massa juga tidak henti-hentinyamenyajikan
program-program baru. Tanpa hal-hal yang baru. Tanpa hal-hal yang baru,
stimuli menjadi monoton, membosankan, dan lepas dari perhatian.
Perulangan.
Hal-hal yang disajikan berkali-kali, bila disertai dengan sedikit variasi,
akan menarik perhatian. Di sini, unsur “familiarity” (yang sudah kita
kenal) berpadu dengan unsur “novelty” (yang baru kita kenal). Perulangan
juga mengandung unsur sugesti: mempengarihi bawah sadar kita. Bukan hanya
pemasang iklan , yang mempopulerkan produk dengan mengulang-ulang “jingles”
atau slogan-slogan, tetapi juga kaum politisi memanfaatkan prinsip
perulangan. Emil Dofivat (1968), tokoh aliran publisitik Jerman, bahkan
menyebut perulangan sebagai satu di antara tiga prinsip penting dalam
menaklukkan massa.
Faktor Internal Penaruh Perhatian.
Faktor-faktor biologis.
Dalam keadaan lapar, seluruh pikiran didominasi oleh makanan. Karena itu,
bagi orang lapar yang paling menarik perhatiannya adalah makanan. Yang
kenyang akan menaruh perhatian pada hal-hal yang lain.
Faktor-faktor Sosiopsikologis.
Sosiopsikologis adalah suatu studi ilmiah tentang pengalaman dan tingkah
laku individu-individu dalam hubungan dengan situasi
sosial.contohnya:Berikan sebuah foto yang menggambarkan kerumunan orang
banyak di sebuah jalan sempit. Tanyakan apa yang mereka lihat. Setiap orang
akan melaporkan hal yang berbeda. Tetapi seorang pun tidak akan dapat
melaporkan berapa orang terdapat pada gambar itu, kecuali kalau sebelum
melihat foto mereka memperoleh pertanyaan itu.
3.2.2. Faktor-faktor Fungsional yang Menentukan Persepsi.
Faktor fungsional berasal dari kebutuhan, pengalaman masa lalu dan hal-hal
lain yang termasuk apa yang kita sebut sebagai faktor-faktor personal. Yang
menentukan persepsi bukan jenis atau bentuk stimuli, tetapi karakteristik
orang yang memberikan respon pada stimuli itu. Dalam suatu eksperimen,
Levine, Chein, dan Murphy memperlihatkan gambar-gambar yang tidak jelas
kepada dua kelompok mahasiswa. Gambar tersebut lebih sering ditanggapi
sebagai makanan oleh kelompok mahasiswa yang lapar daripada oleh kelompok
mahasiswa yang kenyang. Persepsi yang berbeda ini tidak disebabkan oleh
stimuli, karena gambar yang disajikan sama pada kedua kelompok. Jelas
perbedaan itu bermula pada kondisi biologis mahasiswa.
Dari sini, Krech dan Crutchfield merumuskan dalil persepsi yang pertama: persepsi bersifat selectif secara fungsional. Dalil ini berarti
bahwa objek yang mendapat tekanan dalam persepsi kita biasanya objek-objek
yang memenuhi tujuan individu yang melakukan persepsi. Mereka memberikan
contoh pengaruh kebutuhan , kesiapan mental, suasana emosional dan latar
belakang budaya terhadap persepsi. Bila orang lapar dan orang haus duduk di
restoran, yang pertama akan melihat nasi dan daging, yang kedua akan
melihat limun atau coca-cola. Kebutuhan biologis menyebabkan persepsi yang
berbeda.
Kerangka Rujukan (Frame of Reference)
Faktor-faktor fungsional yang mempengaruhi persepsi lazim disebut sebagai
kerangka rujukan. Dalam kegiatan komunikasi, kerangka rujukan mempengaruhi
bagaimana orang memberi makna pada pesan yang diterimanya.
Menurut Mc David dan Harari (1968:140), para psikolog menganggap konsep
kerangka rujukan ini amat berguna untuk menganalisa interpretasi perseptual
dari peristiwa tang dialami.
3.2.3. Faktor-faktor Struktural yang Menentukan Persepsi.
Faktor-faktor struktural berasal semata-mata dari sifat stimuli fisik dan
efek-efek saraf yang ditimbulkannya pada sistem saraf individu. Para
psikolog Gestalt, seperti Kohler, Wartheimer (1959), dan Koffka, merumuskan
prinsip-prinsip persepsi yang bersifat struktural. Prinsip-prinsip ini
kemudian terkenal dengan teori Gestalt. Menurut teori Gestalt, bila kita
mempersepsi sesuatu, kiat mempersepsinya sebagai suatu keseluruhan. Kita
tidak melihat bagian-bagiannya, lalu menghimpunnya.
Menurut Kohler, jika kita ingin memahami suatu peristiwa, kita tidak dapat
meneliti fakta-fakta yang terpisah, kita harus memandangnya dalam hubungan
keseluruhan. Untuk memahami seseorang, kita harus melihatnya dalam
konteksnya, dalam lingkungannya, dalam masalah yang dihadapinya.
Dari prinsip ini, Krech dan Crutchfield melahirkan dalil persepsi yang
kedua:
Medan perseptual dan kognitif selalu diorganisasikan dan diberi arti.
Kita mengorganisasikan stimuli dengan melihat konteksnya. Walaupun stimuli
yang kita terima itu tidak lengkap, kita akan mengisinya dengan
interpretasi yang konsisten dengan rangkaian stimuli yang kita persepsi.
Dalam hubungan dengan konteks, Krech dan Crutchfield menyebutkan dalil
persepsi yang ketiga:
Sifat-sifat perseptual dan kognitif dari substruktur ditentukan pada
umumnya oleh sifat-sifat struktur secara keseluruhan.
Menurut dalil ini, jika individu dianggap sebagai anggota kelompok, semua
sifat individu yang berkaitan dengan sifat kelompok akan dipengaruhi oleh
keanggotaan kelompoknya, dengan efek yang berupa asimilasi atu kontras.
Karena manusia selalu memandang stimuli dalam konteksnya, dalam
strukturnya, maka ia pun akan mencoba mencari struktur pada rangkaian
stimuli. Struktur ini diperoleh dengan jalan mengelompokkan berdasarkan
kedekatan atau persamaan. Prinsip kedekatan menyatakan bahwa stimuli yang
berdekatan satu sama lain akan dianggap satu kelompok.
Dari prinsip ini, Krech dan Crutchfield menyebutkan dalil persepsi yang
keempat:
Objek atau peristiwa yang berdekatan dalam ruang dan waktu atau
menyerupai satu sama lain, cenderung ditanggapi sebagai bagian dari
struktur yang sama.
Dalam komunikasi, dalil kesamaan dan kedekatan ini sering dipakai oleh
komunikator untuk meningkatkan kredibilitasnya. Ia menghubungkan dirinya
atau mengakrabkan dirinya dengan orang-orang yang mempunyai prestise
tinggi.
Contoh kasus persepsi (lanjutan dari sensasi) :
· Persepsi amat bergantung pada perhatian yaitu saat kita memusatkan diri
pada buku bacaan (kita tidak memikirkan hal lain),selain itu dipengaruhi
oleh faktor fungsional kita adalah kebutuhan kita membaca buku karna ujian.
3.3. Memori
Dalam komunikasi intrapersonal, memori memegang peranan penting dalam
mempengaruhi baik persepsi (dengan menyediakan kerangka rujukan) maupun
berfikir (yang akan kita uraikan nanti).
Memori adalah sistem yang sangat berstruktur, yang menyebabkan organisme
sanggup merekam fakta tentang dunia dan menggunakan pengetahuannya untuk
membimbing perilakunya, “ini definisi dari Schlessinger dan Groves
(1976:352). Setiap saat stimuli mengenai indera kita, setiap saat pula
stimuli itu direkam secara sadar atau tidak sadar.
Secara singkat, memori melewati tiga proses: perekaman, penyimpanan dan
pemanggilan. Perekaman (disebut encoding) adalah pencatatan informasi
melalui reseptor indera dan sirkit saraf internal. Penyimpanan (storage),
proses yang kedua, adalah menentukan berapa lama informasi itu berada
beserta kita, dalam bentuk apa dan dimana. Penyimpanan bisa aktif atau
pasif. Kita menyimpan secara aktif, bila kita menambahkan informasi
tambahan. Kita mengisi informasi yang tidak lengkap dengan kesimpulan kita
sendiri. Mungkin secara pasif terjadi tanpa perubahan. Pemanggilan
(retrieval), dalam bahasa sehari-hari, mengingat lagi, adalah menggunakan
informasi yang disimpan (Mussen dan Rosenzweig, 1973:499).
3.3.1. Jenis-jenis Memori
Kita tidak menyadari pekerjaan memori pada dua tahap yang pertama. Kita
hanya mengetahui memori pada tahap ketiga: pemanggilan kembali. Pemanggilan
diketahui dengan empat cara:
1)
Pengingatan (recall).
Pengingatan adalah proses aktif untuk menghasilkan kembali fakta dan
informasi secara verbatim (kata demi kata), tanpa petunjuk yang jelas. Jika
Anda ditanya, “Apakah jenis-jenis ikan laut yang termasuk mamalia?” Anda
menjawabnya dengan pengingatan. Ketika Anda menjawab pertanyaan dalam
bentuk esei, Anda juga mencoba mengingat kembali fakta yang tersimpan
dimemori.
2)
Pengenalan (recognition).
Agak sukar untuk mengingat kembali sejumlah fakta, lebih mudah mengenalnya
kembali. Pertanyaan, “Siapa presiden Mesir sekarang?” lebih sukar dijawab
daripada pertanyaan, “Siapa nama presiden Mesir sekarang-Sadat atau
Mubarak?” pada pertanyaan kedua, Anda tidak usah mengingatnya, Anda harus
mengenal satu diantara dua. Pilihan berganda (multiple-choice) dalam tes
objektif menuntut pengenalan, bukan pengingatan.
3)
Belajar Lagi (relearning).
Menguasai kembali pelajaran yang sudah pernah kita peroleh termasuk
pekerjaan memori.
Seorang psikolog sering membacakan kutipan-kutipan pendek dalam bahasa
Yunani pada anaknya yang masih kecil. Ini dilakukan setiap hari sejak usia
15 bulan sampai 3 tahun. Pada usia 8 tahun, ia ditanya apakah masih ingat
pada kutipan-kutipan yang pernah didengarnya, anak itu menjawab tidak.
Recall tidak terjadi. Diperlihatkan kutipan-kutipan itu kepadanya, apakah
ia mengenalnya. Juga recognation juga tidak terjadi. Kini si anak disuruh
menhapal kutipan yang pernah dan yang tidak pernah didengarnya, ternyata ia
25% lebih cepat menghafal kutipan yang pernah didengarnya. Ini yang disebut
relearning.
4)
Redintegrasi (redintegration).
Redintegrasi adalah merekonstruksi seluruh masa lalu dari satu petunjuk
memori kecil. Suatu takbir pada malam ‘id sering membawa orang islam pada
kenangan-kenangan indah (atau pahit) pada masa lalu, lengkap dengan seluruh
emosi yang menyertainya. Petunjuk memori (memories cues) mungkin berupa bau
tertentu, warna atau tempat. Inilah yang menyebabkan Anda tiba-tiba dilanda
perasaan sedih ketika mencium bau parfum Drakkar karena mengingatkan Anda
pada pacar yang meninggalkan Anda.
3.3.2 Mekanisme Memori
Ada 3 teori yang menjelaskan memori : teori aus, teori interferensi, dan
teori pengolahan informasi.
1. Teori Aus
Menurut teori ini, memori hilang atau memudar menurut waktu. Seperti otot,
memori kita baru kuat, bila dilatih terus-menerus. William James, juga
Benton J. Underwood membuktikan dengan eksperimen, bahwa “the more
memorizing one does, the poorer one’s ability to memorize” - makin sering
mengingat makin jelek kemampuan mengingat (Hunt, 1982:94). Lagipula, tidak
selalu waktu mengauskan memori. Sering terjadi, kita masih ingat pada
peristiwa puluhan tahun yang lalu, tetapi lupa kejadian seminggu yang lalu.
2. Teori interfensi
Menurut teori ini, memori merupakan meja lilin atau kanvas. Pengalaman
adalah lukisan pada meja lilin atau kanvas itu. Katakanlah, pada kanvas itu
sudah terlukis hukum reletivitas. Segera setelah itu, anda mencoba merekam
hukum medan gabungan. Yang kedua akan menyebabkan terhapusnya rekaman yang
pertama atau mengaburkannya. Ini disebut interferensi.
Misalkan, anda menghafal halaman pertama dalam kamus inggris-indonesia.
Anda berhasil. Teruskan kedua, berhasil juga, tetapi yang diingat pada
halaman pertama berkurang. Ini disebut inhibisi retroaktif
(hambatan kebelakang).
Underwood menyuruh objek eksperimennya untuk menghafal daftar suku kata
yang tidak ada artinya. 24 jam kemudian, mereka di tes. Mereka sanggup
mengingat 80 persen. Pada daftar kedua puluh, dengan jangka waktu yang
sama, mereka mengingat hanya 20 persen. Lebih sering mengingat, lebih jelek
daya ingat kita. Ini disebut inhibisi proaktif (hambatan ke
depan). Masih ada satu hambatan lagi (walaupun tidak tepat masuk teori
interferensi) ini disebut hambatan motivasional.
3. Teori Pengolahan Informasi
Teori ini menyatakan bahwa, informasi mula-mula disimpan pada sensory
storange (gudang inderawi), kemudian masuk short-term memory (STM, memori
jangka pendek), lalu dilupakan atau dikoding untuk dimasukkan kedalam
long-term memory (LTM, memori jangka panjang). Otak manusia di analogikan
dengan computer.Sensory storage lebih merupakan proses perceptual daripada
memori. Ada dua macam memori : memori ikonis untuk materi yang kita peroleh
secara visual, dan memori ekosis untuk materi yang masuk secara auditif
(melalui pendengaran).Contoh kasus memori (lanjutan dari persepsi):
· Setelah diberi makna (bacaan diberi makna) selanjutnya akan
direkam,disimpan dan dicatat,atau dipanggil kembali.langkah terakhir adalah
mengolah dan memanipulasikan informasi untuk memenuhi kebutuhan,dalam hal
ini bacaan yang sudah direkam,disimpan,dan dicatat akan dipanggil kembali
untuk diolah dan dipahami.Akhirnya timbul satu pengetahuan baru dari buku
yang kita baca,pengetahuan itu berupa informasi dari yang selami ini tidak
tahu menjadi tahu,atau dari kurang mengerti menjadi semakin mengerti.
3.4
Berpikir
3.4.1 Apakah Berpikir Itu?
Dalam berpikir kita melibat semua proses yang kita sebut sebagai berikut:
Ø Sensasi, persepsi dan memori.
Gambaran dalam pikiran biasanya disebut images ataucitra oleh Marx (1977); disebut juga graphic symbols atau lambang grafis (Fuch, 1967).
Jika kita berpikir dengan menggunakan angka, kali, bagi, jumlah, kurang.
Ini disebut dengan lambang verbal ( verbal symbols). Baik lambang
grafis maupun verbal merupakan representasiobjek atau peristiwa; artinya,
mewakili atau menggantikan objek atau peristiwa dalam benak anda.
Berpikir kita lakukan untuk memahami realitas dalam rangka mengambil
keputusan (decision making), memecahkan persoalan(problem solving), dan menghasilkan yang baru (creativity). Memahami realitas berarti menarik kesimpulan,
meneliti berbagai kemungkinan penjelasandan realitas eksternal dan
internal. Sehingga dengan singkat Anita Taylor et al.
Mendefenisikan berpikir sebagai proses penarikan kesimpulan. Thinking is an inferring process (Taylor et al. 1977:55).
3.4.2 Bagaimana Orang Berpikir?
Secara garis besar ada dua macam berpikir yaitu:
Ø berpikir austisik adalah orang melarikkan diri dari kenyataan,
dan melihat hidup sebagai gambar-gambar fantastis. Contohnya : melamun dan
menghayal.
Ø berpikir realistic disebut juga nalar (reasoning) ilah
berpikir dalam rangka menyesuaikan diri dengan dunia nyata.
Folyd L. Ruch menyebut tiga macam berpikir realistic:
§ Berpikir deduktif: mengambil kesimpulan dari dua pernyataan,
dari pernyataan umum ke pernyataan khusus.
§ Berpikir induktif: dimulai dari hal-hal yang khusus dan kemudian
mengambil kesimpulan umum.
§ Berpikir evaluatif: berpikir kritis, menilai baik buruknya,
tepat atau tidak tepatnya suatu gagasan tanpa menambahi atau mengurangi
gagasan tersebut dan menilainya menurut criteria tertentu.
Sedangkan berpikir analogis pada umumnya orang menggunakan
perbandingan atau kontras. Contohnya: jika anda mengatakan bahwa kehidupan
di Yugoslavia seprti di Belanda, anda menggunakan perbandingan. Jika anda
membandingkan keadaan pedesaan Indonesia sebelum dan sesudah Orde Brau,
anda menggunakan kontras.
3.4.3 Menetapkan Keputusan (decision making)
Salah satu fungsi berpikir ialah menetapkan keputusan. Setiap keputusan
yang diambil, akan disusul oleh keputusan-keputusan lainnya yang berkaitan.
Tanda-tanda umum dalam mengambil keputusan yaitu:
Ø Keputusan merupakan hasil berpikir, hasil usaha intelektual
Ø Keputusan selalu melibatkan pilihan dari berbagai alternative.
Ø Keputusan selalu melibatkan tindakan nyata, walaupun pelaksanaannya boleh
ditangguhkan atau dilupakan.
Factor-faktor personal amat menentukan apa yang diputuskan antara lain :
Ø Kognisi artinya kualitas dan kuantitas pengetahuan yang
dimiliki. Contohnya: bila anda tahu bahwa daerah X berbahaya, anda akan
memutuskan tidak akan datang ke sana.
Ø Motif amat mempengaruhi pengambilan keputusan. Contohnya: bila
anda ingin memperoleh posisi yang penting di kantor X, anda memutuskan
untuk bekerja sama dengan kantor Q.
Ø Sikap juga penentu factor lainnya. contohnya: bila sikap anda
negative pada kaum buruh, anda tentu memutuskan untuk tidak menggubris
protes mereka.
Pada kenyataannya, kognisi, motif, dan sikap ini berlangsung sekaligus.
3.4.4 Memecahkan Persoalan ( Problem Solving)
Umumnya kita bergerak sesuai dengan kebiasaan.
Proses memecahkan persoalan berlangsung melalui lima tahap:
Ø Terjadi peristiwa ketika perilaku yang biasa dihambat karena sebab-sebab
tertentu. Anda mula-mula akan mengatasinya dengan memecahkan yang rutin.
Contoh: mobil mogok, anda stater berkali-kali. Bila cara biasa ini gagal,
masalah timbul.
Ø Anda mencoba menggali memori anda untuk mengetahui cara-cara apa saja
yang efektif pada masa yang lalu. Contoh: mobil mogok bisa didorong.
Ø Pada tahap ini anda mencoba seluruh kemungkinan pemecahan yang pernah
anda ingat atau yang dapat anda pikirkan. Semua anda coba. Ini disebut
dengan penyelesaian mekanis (mechanical solution) dengan uji coba
– trial error.
Ø Anda mulai menggunakan lambang-lambang verbal atau grafis untuk mengatasi
masalah. Anda mencoba memahami situasi yang terjadi, mencari jawaban, dan
menemukan kesimpulan yang tepat.
Ø Tiba-tiba terlintas dalam pikiran anda suatu pemecahan “aha, telepon saja
bengkel langganan saya”. Kilasan pemecahan masalah ini disebutAha Erlebnis (pengalaman aha) atau lazim disebut dengan insight solution.
Factor-faktor yang mempengaruhi proses pemecahan masalah dipengaruhi oleh :
Ø Factor-faktor situasional dan personal, terjadi misalnya pada stimulus
yang menimbulkan masalah . sifat-sifat masalah: sulit-mudah, baru-lama,
penting-kurang penting, melibatkan sedikit atau banyak masalah lain..
Ø Factor-faktor sosiopsikologis, contoh-contohnya sebagai berikut:
· Motivasi, motivasi yang rendah mengalihkan perhatian sedangkan motivasi
yang tinggi membatasi fleksibilitas. Contoh: anak yang terlalu bersemangat
untuk melihat hadiah ulang tahun, sering tidak dapat mempuka pita
bingkisan.
· Kepercayaan dan sikap yang salah, asumsi yang salah dapat menyesatkan
kita. Contoh: karena kurang kepercayaan pada diri sendiri akan cenderung
menolak informasi baru, merasionalisasikan, kekeliruan, dan mempersukar
penyelesaian.
· Kebiasaan, kecenderungan untuk mempertahankan pola berpikir tertentu atau
melihat masalah hanya dari satu sisi saja, atau kepercayaan berlebihan dan
tanpa kritis pada pendapat otoritas, menghambat pemecahan masalah yang
efisien.
· Emosi, emosi seringkali mewarnai cara berpikir kita. Kita tidak pernah
dapat berpikir betul-betul objektif. Tetapi bial emosi itu sudah mencapai
intensitas yang begitu tinggi sehingga menjadi stress, barulah kita menjadi
sulit berpikir efisien.
3.4.5 Berpikir kreatif (Creative thiking)
Apa itu kreativitas?
Berpikir kreatif, menurut James C.Coleman dan Coustance L.Hammen (1974:452)
adalah “thinking which produce new methods, new concepts, new
understandings, new inventions, new work of art”.
berpikir kreatif harus memenuhi tiga syarat:
Ø Kreativitas melibatkan respon atau gagasan yang baru, atau yang secara
statistic sangat jarang terjadi. Tetapi kebaruan saja tidak cukup.
Ø Kreativitas ialah dapat memecahkan persoalan secara realistis.
Ø Kreativitas merupakan usaha untuk memepertahankan insightyang
orisinal, menilai dan mengembangkannya sebaik mungkin. (MacKinnon,
1962:485).
Guilford membedakan antar berfikir kreatif dan tak kreatif dengan konsep
berpikir konvergen dan divergen.
· Konvergen : kemampuan untuk memberikan satu jawaban yang tepat pada
pertanyaan yang diajukan.
· Divergen : mencoba menghasilkan sejumlah kemungkinan jawaban.
Berpikir kreatif adalah berpikir analogis-metaforis.
Para psikolog menyebutkan 5 tahap berpikir kreatif :
1. Orientasi : masalah dirumuskan, dan aspek-aspek masalah diidentifikasi.
2. Preparasi : pikiran berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin informasi
yang relevan dengan masalah.
3. Inkubasi : pikiran beristirahat sebentar, ketika berbagai pemecahan
berhadapan dengan jalan buntu. Pada tahap ini, proses pemecahan masalah
berlangsung terus dalam jiwa bawah sadar kita.
4.
Iluminasi : masa inkubasi berakhir ketika pemikir memperoleh semacam ilham,
serangkaian insight yang memecahkan masalah. Ini menimbulkan Aha Erlebnis.
5.
Verifikasi : tahap terakhir untuk menguji dan secara kritis menilai
pemecahan masalah yang diajukan pada tahap keempat.
Factor-faktor yang mempengaruhi berpikir kreatif (Coleman dan Hammen,
1974:455) :
1. Kemampuan kognitif
Termasuk disini kecerdasan diatas rata-rata, kemampuan melahirkan
gagasan-gagasan baru, gagasan-gagasan yang berlainan dan fleksibilitas
kognitif.
2. Sikap yang terbuka.
Orang kreatif mempersiapkan dirinya menerima stimuli internal dan
eksternal, ia memliki minat yang beragam dan luas.
3. Sikap yang bebas, otonom, dan percaya pada diri sendiri.
Orang kreatif tidak senang “digiringi” ingin menampilkan dirinya semampu
dan semaunya, ia tidak terlalu terikat pada konvensi-konvensi social.
Selain factor-faktor lingkungan psikososial, bebrapa peneliti menunjukan
juga adanya factor-faktor situasional lainnya. Maltzman (1960) menunjukan
factor peneguhan dari lingkungan. Dutton (1970) menyebut, antara lain,
tersedianya hal-hal istimewa bagi manusia kreatif, dan Silvano Arieti
menekankan factor isolasi dalam menumbuhkan kreativitas (Hunt, 1982:308).
Bab III
Penutup
1.5 Kesimpulan
Komunikasi intrapersonal merupakan dasar dari semua bentuk komunikasi. Oleh
karna itu kedudukan komunikasi intrapersonal menjadi sangat penting,
utamanya dalam hal memproses lambang atau isyarat menjadi lambang atau
isyarat yang dapat dimengerti oleh pihak penyampai dan penerima inormasi.
2.4 Saran
Semoga dengan adanya makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.Apa bila
ada kesalahan pengetikkan mohon dimaafkan.
Daftar Pustaka
Rakhmat, Jalaluddin . 2008 . Psikologi Komunikasi . Bandung :
PT.Remaja Rosdakarya .
Uchana, Onong Effendy . 2000 . Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi . Bandung : PT.Citra Aditya Bakti.
sHesaysHey. Jumat, 11 Desember 2009.Komunikasi Intrapersonal. http://belajarkomunikasiyuk.blogspot.com/2009/12/komunikasi-intrapersonal.html
ATON29 ⋅ APRIL 27, 2010 ⋅ Komunikasi Interpersonal.
http://aton29.wordpress.com/2010/04/27/komunikasi-intrapersonal/
EmoticonEmoticon