Look at this

Jumat, 24 Juli 2020

Makalah Biologi Dasar: SIklus Kehidupan Manusia

Siklus kehidupan manusia

Siklus kehidupan manusia diawali dengan kelahiran sang bayi dari perut ibu yang telah dikandung selama Sembilan bulan. Saat bayi lahir, dia memiliki organ tubuh yang sama dengan orang dewasa, tetapi memiliki ukuran yang berbeda yaitu relatif lebih kecil. Bayi yang baru lahir identik dengan kelelahan sepanjang hari. Beberapa hal dibawah ini wajib diperhatikan saat merawat bayi yang baru lahir.

· Jaga kebersihan dan keamanan bayi

Jagalah kebersihan tangan saat hendak memegang atau menggendong bayi yang baru lahir. Cuccilah tangan dahulu sebelum melakukan kontak dengan bayi agar mereka terhindar dari serangan kuman. Berhati-hatilah ketika menggendong bayi yang baru lahir, terutama perhatikan pegangan anda pada bagian kepala dan leher bayi.

Jangan pernah mengguncang-guncang bayi saat membangunkan mereka karena dapat menyebabkan pendarahan di otak.

· Memandikan bayi

Bayi baru lahir membutuhkan mandi setidaknya dua kali dalam seminggu. Sebelum tali pusat copot, dianjurkan untuk memandikan bayi dengan memakai spons.

Mandikan bayi dengan memakai sampo dan sabun yang di desain khusu untuk kondisi kulit bayi. Benda pendukung lain yang wajib dimiliki untuk memandikan bayi baru lahir adalah kain waslap, handuk lembut, dan bak bayi mandi. Jika khawatir produk bayi yang digunakan bisa menimbulkan iritasi, maka bicarakanlah hal tersebut kepada dokter.

· Mengganti popok

Salah satu perawatan bayi baru lahir yang dianggap susah adalah memasang popok. Anda mungkin akan mengganti popok hingga 10 kali dalam sehari. Hal ini tergantung dengan asupan yang diterima bayi. Umumnya, bayi yang terpaksa di beri susu formula sejak lahir memiliki frekuensi kencing lebih tinggi dibandingkan bayi yang diberi ASI eksklusif.

Sementara itu mengenai buang air besar, bayi melakukannya pertama kali setelah sehari atau dua hari kelahirannya. Adapun kotoran bayi mkonium berwarna hitam. Mekonium sendiri terdiri dari lendir, cairan ketuban, dan segala sesuatu yang ditelan bayi saat berada di dalam janin.

· Memberi susu

Memberikan susu pada bayi yang baru lahir mungkin akan sangat sering dilakukan. Umumnya, bayi bayi harus diberi susu antara 8-15 kali dalam sehari. Hal ini terjadi karena kapasitas perut mereka masih sangat kecil. Dalam proses menyusui, usahakan untuk melakukannya dengan posisi yang bergantian agar anda turut merasa nyaman.

Lakukan menyusui sesering mungkin tanpa harus menunggu bayi anda menangis atau berteriak terlebih dahulu. Saat menangis, bayi lebih sulit menelan susu sebab lidahnya tidak berada dalam posisi tepat untuk meneguk cairan.


EmoticonEmoticon

About